Monday, December 15

Film Dokumenter Senyap ''The Look of Silence''


Senyap (bahasa Inggris''The Look of Silence'') adalah film dokumenter kedua karya sutradara Amerika Serikat Joshua Oppenheimer dengan tema sentral pembantaian massal 1965 setelah film Jagal.[1] Jika film Jagal menyoroti sisi pelaku pembantaian, maka film kedua ini lebih menyoroti sisi penyintas dan keluarga korban. Senyap memfilmkan perjalanan satu keluarga penyintas untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana anak mereka dibunuh dan siapa yang membunuhnya. Adik bungsu korban bertekad untuk memecah belenggu kesenyapan dan ketakutan yang menyelimuti kehidupan para korban, dan kemudian mendatangi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan kakaknya--sesuatu yang tak terbayangkan ketika para pembunuh masih berkuasa.




Pengambilan gambar dilakukan di Sumatera Utara bersamaan dengan pembuatan Jagal. Sebagian besar gambar diambil antara2010 sampai 2012. Pemutaran perdana internasional diselenggarakan di Venice International Film Festival pada bulan Agustus 2014, sekaligus berkompetisi memperebutkan Golden Lion. Pemutaran perdana dan peluncuran film Senyap di Indonesia diselenggarakan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dan Dewan Kesenian Jakarta pada 10 November 2011 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

pemutaran film ini banyak dilaksanakan oleh kalangan aktivis pro demokrasi untuk mempropagandakan kekejaman orde baru dalam keterlibatannya atas pembantaian massal pada tahun 1965. film dokumenter ini memenangkan banyak penghargaan seperti perhargaan dari Busan Internasional Film Festival dengan kategori Busan Cinephile Award, pada tanggal 11 oktober 2014, kedua penghargaan dari CPH.DOX dengan kategori DOX.AWARD 14 november 2014, Danver Film Festival pada tahun yang sama 2014, dan pada tahun yang sama juga berhasil dimenangkan dari Venice International Film Festival dengan kategori Grand Jury Prize, FIPRESCI Award, Mouse d'Oro Award, Fedeora Award, Human Rights Nights Award. semoga dengan adanya film ini dapat membuka mata hati jutaan rakyat indonesia yang secara terorganisir telah dibutakan oleh sejarah kelam orde baru. dan membantu keluarga korban yang sampai sekarang masih di diskriminasi dari kehidupannya. mereka adalah warga negara, mereka adalah pejuang-pejuang kemerdekaan bangsa ini, mereka adalah cahanya yang telah digelapkan oleh rezim orde baru samapai rezim serakarang. mudah-mudahan setelah melihat film ini kita dapat bangkit melawan segala bentuk diskriminasi, dan penindasan atas hak-hak hidup kita yang telah mereka rebut. filmnya bisa kita lihat  disini 

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Senyap

belajar selagi muda, berjuang selagi bisah
Bagikan Ki Bro:
Post a Comment